-->

5 Bacaan Doa Dzikir di Pagi hari Sebagai Pembuka Rezeki

 Setiap Muslim mesti selalu ingat Tuhan adalah berkat dan kesenangan yang diberikan kepada kita. Dzikir adalah amalan yang disyorkan atau dianjurkan  dilakukan untuk mengingati Allah SWT. Berdzikir mengingat Allah SWT boleh dilakukan dengan memanggil Lafadz atau memuji Allah bila-bila masa dan di mana sahaja. Seperti yang dijelaskan dalam ayat surah al-Ahzab seperti berikut.


"Dan memuliakan dia pagi dan petang. Dia yang memberkati kamu, dan malaikat-malaikat-Nya (Mintalah ampun untukmu), supaya Ia membawa kamu dari kegelapan kepada cahaya (cahaya). Dan Dia adalah Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman." (QS. Al-Ahzab: 42-43).

Satu masa yang baik adalah masa untuk mengingati pagi. Boleh memperbaiki amalan dzikir pagi, ganjaran, serta kedamaian yang kita jalankan pada hari itu untuk dilalui.

Berikut adalah doa kenangan yang dilengkapi dengan cara yang boleh dirujuk.


1. Membaca ta'awudz sebelumnya

" Audzu Billaahi Minash Syaithoonir-Rojiim."

Maksudnya: Saya berlindung dengan Allah dari Syaitan, yang terkutuk.


2. Menbaca surat Al-Baqarah 5 (lima) ayat pertama

dzikir Doa pagi sebagai pembuka pintu rezeki dari Allah. Ilustrasi berdoa, niat berpuasa, dhikir, doa selepas doa (unsur envato)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

الٓمّٓ 

alif-laaam-miiim

"Alif Lam Mim."

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ  ۛ  فِيْهِ  ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ 

zaalikal-kitaabu laa roiba fiih, hudal lil-muttaqiin

"Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,"

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِا لْغَيْبِ وَ يُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ 

allaziina yu-minuuna bil-ghoibi wa yuqiimuunash-sholaata wa mimmaa rozaqnaahum yungfiquun

"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan sholat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka,"

وَا لَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَاۤ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَاۤ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ وَبِا لْاٰ خِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَ 

wallaziina yu-minuuna bimaaa ungzila ilaika wa maaa ungzila ming qoblik, wa bil-aakhiroti hum yuuqinuun

"dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat."

اُولٰٓئِكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۙ وَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

ulaaa-ika 'alaa hudam mir robbihim wa ulaaa-ika humul-muflihuun

"Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 1 - 5)

* Via Al-Qur'an Indonesia https://quran-id,com


3. Al-Baqarah ayat 255 (ayat kursi)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَـيُّ الْقَيُّوْمُ ۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ ۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَ رْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗۤ اِلَّا بِاِ ذْنِهٖ ۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضَ ۚ وَلَا يَــئُوْدُهٗ حِفْظُهُمَا ۚ وَ هُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

allohu laaa ilaaha illaa huw, al-hayyul-qoyyuum, laa ta-khuzuhuu sinatuw wa laa na-uum, lahuu maa fis-samaawaati wa maa fil-ardh, mang zallazii yasyfa'u 'ingdahuuu illaa bi-iznih, ya'lamu maa baina aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiithuuna bisyai-im min 'ilmihiii illaa bimaa syaaa, wasi'a kursiyyuhus-samaawaati wal-ardh, wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa, wa huwal-'aliyyul-'azhiim

"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar."

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 255)


4. Membaca Sayyidul istighfar.

"“Allaahumma anta robbii, laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii, wa anaa 'abduka, wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mas-tatho'tu, a'uudzu bika min syarri maa shona'tu, abuu-u laka bini'matika 'alayya, wa abuu-u laka bi-dzanbii, faghfir lii, fa-innahu laa yagh-firudz-dzunuuba illaa anta.”

Ini bererti: "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada tuhan yang patut disembah melainkan kamu, engkau menciptakan aku. Aku hamba-Mu. Saya akan setia kepada perjanjian dengan anda yang saya boleh. Saya berlindung kepada anda dari Kejahatan yang saya lakukan. Saya mengakui nikmat-Mu kepada saya dan saya mengakui dosa saya, maka ampunilah aku. Tidak ada dosa yang mengampuni kecuali kamu. "


5. dzikir pagi untuk menghindari segala dari keburukan dunia dan akhirat

“Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.”

Ini bererti: "Kami telah memasuki pagi dan kerajaan hanya milik Tuhan, puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang patut disembah) kecuali Allah sahaja, tidak ada pasangan kepadanya. Kerajaan Tuhan dan pujiannya. Dia adalah Yang Maha Kuasa dari segala sesuatu. Ya Rabbb ku, aku meminta kepada Engkau kebaikan hari ini dan kebaikan selepas itu. Saya mencari perlindungan di dalam-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan selepas. Wahai Rabb ku, saya berlindung dalam diri-Mu dari rasa  malas dan keburukan di akhir hayat ku. Wahai rabbu, aku berlindung kepada Engkau dari azab neraka dan siksaan di kubur. "

Baca juga Doa pembukaan rezeki di pagi hari

semoga dengan kita rajin berdzikir kepada Allah kita diberikan berkah dalam kehidupan dunia dan akhirat serta dimudahkan rezeki kita dan dijauhkan dari bala di dunia dan akhirat allahumma Amin.


LihatTutupKomentar

adoperator